Final Aplikasi Sistem Komputer (ASK)

1.  CUCURU BAYAO
Cucuru Bayao jika orang yang mengerti bahasa makassar mendengar nama kue yang
satu ini pasti sudah mengetahui bahan dasar kue ini yakni dari bayao=telur. Cucuru bayao adalah kue khas Pangkep yang rasanya sangat manis dan dapat dengan mudah di dapatkan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan yang berlangsung di kabupaten Pangkep. Di setiap pernikahan kue ini tak pernah absen untuk hadir dalam menu yang di hidangkan dalam bosara apalagi saat ma’mata-mata (malam berpacing) pada pernikahan. Cucuru bayao ini terbuat dari telur, gula, dan kenari.

Kue Cucuru bayao ini menggunakan banyak sekali telur sehingga menyebabkan kue ini berwarna golden (seperti emas) yang melambangkan kemuliaan, kemegahan serta keangungan yang bermakna baik sehingga dalam event yang bertujuan untuk kehidupan yang baik pastinya kue ini akan hadir dalam event tersebut.

Kini cucuru bayao sudah sangat mudah di temukan apalagi di daerah pangkep sampai makasssar, karna kue ini hanya di hidangkan pada pesta pernikahan atau acara tertentu jadi bila ingin mencicipi cucuru bayao datang saja di kabupaten pangkajene dan kepulauan.Bentuk cucuru bayao itu, bulat agak pipih, dan berwarna kuning tua. cucuru bayao sangat lah manis jadi, bagi para penderita diabetes harus berhati – hati memakan si cucuru bayao ini. Kalo mau membuat cucuru bayao, sang pembuat harus mematuhi peraturan tertentu, antara lain ; pembuat harus bersih, memakai pakaian yang bagus, dan juga tidak boleh marah (membuat cucuru bayao membutuhkan kesabaran yang tinggi).

RESEP CUCURU BAYAO:

Bahan:
·        30 kuning telur bebek
·        1 sdm gula pasir
·        Pewarna kuning secukupnya
·        Terigu secukupnya
·        1/2 kg kenari dicincang halus (Terigu dan kenari dicampur)

Bahan Sirup:

·        1/2 kg gula pasir
·        Air secukupnya (Dimasak sampai gula larut)

Cara membuat:

·        Kuning telur dikocok hingga kental
·        Campurkan gula pasir
·        Ambil sedikit demi sedikit adonan telur tersebut, kemudian campurkan dengan kenari yang telah dicampur tepung terigu.
·        Tuang dicetakan-catakan kecil
·        Kukus
·        Setelah masak, keluarkan dari cetakan
·        Langsung masukkan cucuru bayao yang telah jadi ke dalam sirup, tunggu sampai meresap, lalu angkat.

Sumber:

Komentar

Postingan Populer