Ingredient 5

1. Madu

History:

Madu sudah digunakana manusia sejak berabad-abad yang lalu , pada zaman mesir kuno. madu sudah menjadi barang kebutuan rumah tangga sehari-hari , dan bahkan pada waktu itu masyarakat mesir kuno menghargai madu dengan harga yang tinggi sekali bahkan menyamai dengan harga mata uang yang langka.dalam upacara adat sekalipun mereka juga menggunakan madu untuk memberi makan kepada binatang yang akan dipersembahkan kepada dewa-dewa .dan bahkan berabad-abad yang lalu sebelum mesir hal ini terbukti karena digua afrika dan spanyol ada gambar manusia mengumpulkan madu sementara itu ada gambar lebah mengitari diatas mereka .
 
Nutrition:
Fruktosa: 38.2%
Glukosa: 31.3%
Maltosa: 7.1%
Sukrosa: 1.3%
Air: 17.2%
Gula paling tinggi: 1.5%
Abu (analisis kimia):0.2%
Lain-lain: 3.2%
Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kg per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.
 
Function:
1. Mencegah kanker serta penyakit jantung
Hal ini karena madu mengandung flavonoid. Kandungan ini inilah yang sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko berkembangnya sel kanker yang ada di dalam tubuh serta terkena penyakit jantung.
2. Mengurangi batuk
Madu juga berkhasiat untuk mengurangi batuk, dengan cara minumlah madu dua sendok teh 30 menit sebelum tidur.
3. Membantu meningkatkan daya ingat
Madu juga sangat baik untuk meningkatkan daya ingat Anda.
4. Membantu menghilangkan luka
Oleskan madu yang belum diproses atau madu yang masih benar-benar alami pada luka Anda. Maka luka tersebut dapat hilang secara alami.
5. Merupakan sumber nutrisi yang lengkap
Hal ini karena madu mengandung berbagai macam bahan alami nana berkhasiat yang ada di dalamnya.
6. Menghilangkan alergi
Madu mengandung anti inflamasi, jejak serbuk sari bunga dan paparan allergen yang berkhasiat untuk memerangi alergi musiman yang Anda alami.
7. Metabolism alhkohol
Dengan meminum madu secara langsung hal ini dapat membatasi keracunan serat menurunkan kadar alcohol dalam tubuh dengan cepat.
8. Memerangi bakteri yang ada di dalam tubuh
Madu dapat membunuh bakteri seperti E.coli, salmonella dan methicillin-resistant Staphylococcus.
9. Mencegah rendahnya sel darah putih
Untuk mencegah rendahnya sel dara putih yang ada di dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap harinya.
10. Meningkatkan metabolisme
Karena mengandung berbagai macam vitamin, dan gizi lainnya hal ini membuat madu ampuh untuk dijadikan sebagai metabolism tubuh.
11. Mencegah diabetes
Agar terhindar dari penyakit diabetes, Anda bisa mengganti gula dengan menggunakan madu
12. Meningkatkan stamina
Hal ini karena madu mengandung energy yang dapat meningkatkan stamina tubuh Anda.
13. Meningkatkan kesuburan
Madu juga dikenal sebagai salah satu suplemen penyubur kandungan yang cukup efektif. Bagi Anda yang kesulitan untuk mendapatkan momongan, mungkin mengkonsumsi madu penyubur kandungan bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang menjalani program hamil
 
Caracteristic:
Kerajaan : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hymenoptera
Famili : Apidae
Genus : Apis
Spesies : Apis andreniformis, Apis cerana, Apis dorsata, Apis florae, Apis koschevnikovi, Apis laboriosa, Apis mellifera


2. Bayam

History
Bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata "amaranth" dalam bahasa Yunani berarti "everlasting" (abadi). Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Dalam perkembangan selanjutnya. Tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang. Diduga tanaman bayam masuk ke Indonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia
 
Nutrition:
Protein 3,5 g
Lemak 0,5 g
Kerbohidrat 6,5
Serat 0,8 g
Energi 36 kal
kalsium 267 mg
Fosfor 67 mg 
Zat besi 3,9 mg
Vitamin A 6,090 IU 
Vitamin B1 0,08 mg 
Vitamin C 80 mg
Air   86,9 g


Function : 
Bayam memiliki kandungan karotenoid dan juga vitamin A. Vitamin A mampu membantu mata untuk menjaga kejernihan pandangan mata. Selain itu, kandungan karotenoid dalam bayam mampu untuk mencegah terjadinya pemyakit katarak dan degenerasi makula mata. Sehingga kesehatan mata dapat terjaga dengan baik.
Bayam memiliki kandungan vitamin A, tidak hanya bermanfaat untuk mata. Vitamin A pada bayam juga dapat berfungsi sebagai salah satu komponen yang prosuksi limfosit, atau sel darah putih. Dimana sel darah putih ini mampu memerangi penyakit atau infeksi yang menyerang tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.
 
Caracteristic :
Kingdom : Plantae

Diviso : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Caryophyllales

Familia : Amaranthaceae

Genus :Amaranthus

Spesies : Amaranthus hybridus L


 Morfologi Bayam 
Daun
Tanaman bayam memiliki akar perdu ( terma ), akar tanaman bayam ini akan menembus tanah hingga kedalaman 20-40 cm bahkan lebih. Akar tanaman bayam ini tergolong akar tunggang dan memiliki serabutan di bagian atasnya


 Batang
Tanaman bayam memiliki batang tumbuh dengan tegak, tebal dan banyak mengandung air. Batang pada tanaman ini memiliki panjang hingga 0.5-1 meter dan memiliki cabang monodial. Batang bayam berwarna kecoklatan, abu-abu dan juga memiliki duri halus di bagian pangkal ujung batang tanaman bayam.



Daun 
Tanaman ini memiliki daun tunggal, berwarna hijau muda dan tua, berbentuk bulat memanjang serta oval. Panjang daun pada bayam 1,5-6,0 cm bahkan lebih, dengan lebar 0,5 – 3,2 cm dan memiliki pangkal ujung daun runcing serta obtusus. Batang bayam di sertai dengan tangkai yang berbentuk bulat dan memiliki permukaan opacus. Panjang tangkai ini mencapai 9.0 cm dan memiliki bagian tepi atau permukaan repandus.


Bunga  
Bunga tanaman bayam ini memiliki kelamin tunggal, berwarna hijau tua, dan juga memiliki mahkota terdiri dari daun bunga 4-5 buah, benang sari 1-5, dan bakal buah 2-3 buah serta lainnya yang membantu dalam penyerbukan. Bunga tanaman bayam ini berukuran kecil dan memiliki panjang mencapai 1,5-2,5 cm, serta tumbuh di ketiak daun yang tersusun tegak. Namun, penyerbukan bunga ini biasanya di bantu juga dengan binatang sekitar dan angin.



Biji
Tanaman bayam memiliki biji berukuran kecil, dan halus, memiliki bentuk bulat serta memiliki warna kecoklatan hingga kehitaman. Namun, ada beberapa jenis bayam yang terdapat biji berwarna putih dan merah, contohnya bayam maksi

3. Bawang merah

History: 
  Tanaman bawang merah berasal dari asia tengah, terutama disekitaran palestina dan india, namun sebagian literatus juga memperkirakan tanaman bawang merah berasal dari asia tenggara dan mediterranean. Tanaman bawang merah adalah tanaman tertua dari budidaya tanaman lainnya . hal ini di buktikan karena bangsa mesir pada zaman I dan II atau 3200-2700 SM. Sedangkan di yunani kuno bawang merah telah di kembangkan sebagai sarana pengobatan sejak tahun 2100 SM.sementara di israel tanaman bawang merah diperkirakan telah dikenal sejak tahun 1500 SM  . sedangkan di yunani kuno bawang merah bawang merah telah dikembangkan sebagai obat sejak tahun 2100 SM. 


 Nutrition :
Jumlah Kandungan Energi Bawang Merah          = 39 kkal
Jumlah Kandungan Protein Bawang Merah         = 1,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Bawang Merah         = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Bawang Merah = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Bawang Merah       = 36 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Bawang Merah          = 40 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Bawang Merah       = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Bawang Merah    = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Bawang Merah  = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Bawang Merah     = 2 mg


Function:
Bagi sebagian orang yang mengalami sembelit maka perlu mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah. Hal ini dilakukan karena bawang merah dapat membantu prses pembuangan racun pada tubuh. Sehingga proses apabila terjadi sembelit, maka boleh mencoba mengatasinya menggunakan bawang merah mentah.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin pada tubuh. Sedangkan kandungan yang ada dalam bawang merah mentah berfungsi untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Untuk itu, bagi penderita diabetes dapat mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur untuk menjaga kadar insulin yang ada dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan terlebih bagi penderita diabetes.
Kandungan Sufida Methylallyl dan asam amino sulfur yang ada di dalam bawang merah dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Banyak mengkonsumsi bawang merah mentah akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal dan membuat peredaran darah tidak terganggu, sehingga dapat  meningkatkan kesehatan jantung.


Caracteristic :
Kingdom : Plantae
Sub kingdom : Tracheobionta
Super divisio : Spermatophyta
Divisio : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Sub kelas : Lilidae
Ordo : Lililales
Famili : Liliaceae
Genus : Allium

Sumber:
https://artikelbawang.blogspot.co.id/2016/10/asal-usul-sejarah-tanaman-bawang.html





http://hernismantel.blogspot.co.id/2013/11/semua-tentang-madu-pengertian-kandungan.html

Komentar

Postingan Populer