Ingredients 4

1. Gula merah

History


Awalnya, bahan baku gula merah ( Gula jawa ) hanya dari tebu. Teknik membuat gula merah ( Gula jawa ) dari tebu, diketemukan di India pada zaman kekaisaran Gupta (abad ke 5 SM). Belakangan gula merah ( Gula jawa ) juga dibuat dari air nira sadapan bunga jantan aren, kelapa, dan lontar. Dari India, kultur membuat gula ini merambah China, Arab, dan Asia Tenggara termasuk Kepulauan Nusantara.

Pada abad-abad selanjutnya gula merah ( Gula jawa ) India dan Asia Tenggara, menjadi mata dagangan sangat penting di Timur Tengah, dan Eropa. Sebelumnya yang dikenal sebagai bahan pemanis di Timur Tengah hanya kurma dan madu. Budidaya tebu secara komersial untuk bahan gula merah ( Gula jawa ), dimulai di China pada zaman Kaisar Taizong (599 –649), dari Dinasti Tang.

Sebelum tahun 1800an, hanya dikenal gula merah ( Gula jawa ). Mengkristalkan gula putih dari bahan bit gula baru diketemukan di Eropa pada akhir tahun 1700an. Teknologi mengkristalkan gula putih dari bahan bit, kemudian dikembangkan untuk gula tebu. Sejak itu, agroindustri gula putih dari tebu berkembang pesat di Jawa, Amerika Tengah, dan Selatan.

Gula merah ( Gula jawa ) biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Bunga (mayang) yang belum mekar diikat kuat (kadang-kadang dipres dengan dua batang kayu) pada bagian pangkalnya sehingga proses pemekaran bunga menjadi terhambat. Sari makanan yang seharusnya dipakai untuk pemekaran bunga menumpuk menjadi cairan gula. Mayang membengkak. Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gula secara bertahap. Cairan biasanya ditampung dengan timba yang terbuat dari daun pohon palma tersebut. Cairan yang ditampung diambil secara bertahap, biasanya 2-3 kali. Cairan ini kemudian dipanaskan dengan api sampai kental. Setelah benar-benar kental, cairan dituangkan ke mangkok-mangkok yang terbuat dari daun palma dan siap dipasarkan. gula merah ( Gula jawa ) sebagian besar dipakai sebagai bahan baku kecap manis.


Nutrion

Gula merah sudah dibuat sejak dahulu bahkan sebelum adanya gula pasir. Gula merah dibuat dengan mengolah nira dengan dimasak selama beberapa jam lamanya dan banyak dibuat oleh orang di pulau jawa sehingga gula merah juga disebut sebagai gula jawa. Setelah ada perkebunan tebu dan diperkenalkan oleh para penjajah kemudian barulah muncul gula pasir yang lebih disukai oleh masyarakat karena rasanya lebih manis.

Gula merah ini kerap kali digunakan sebagai alternatif dari gula pasir karena dianggap lebih baik untuk kesehatan. Kandungan kalori yang ada di dalam gula merah lebih kecil dibandingkan denga gula pasir dan juga mengandung lemak tak jenuh sehingga sangat baik bagi anda. Selain itu dalam 100 gram gula merah mengandung 90 mg kalsium, vitamin A, beta karoten, zat besi dan laktoflavin. Selain kandungan tersebut, ada juga kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B12, vitamin C, vitamin E, asam folat, thiamin, niacin, riboflavin, ascorbatic acid, garam mineral, protein dan vitamin A. selain itu keuntungan lainnya dari mengonsumsi gula merah ini adalah gula merah tidak mengandung kolesterol dan sudah pasti ini sangat baik untuk tubuh.



Function

Pada manusia:   

  • Mencegah Anemia
Sebagai sumber zat besi yang baik, gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi masalah kurang darah ataupun anemia. Konsumsi gula merah setidaknya 1 gram setiap hari bisa bantu Anda dapatkan tubuh sehat serta jauh dari masalah anemia.
Mencegah Asma

Beberapa study menyarankan agar penderita asma mengkonsumsi gula merah alami untuk mengatasi sakitnya. Sifat anti alergi yang ada pada gula merah menjadi salah satu dasar kenapa gula tradisional ini dikatakan bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit asma.
 
  • Mencegah dan Mengobati Jerawat
Anda memiliki masalah jerawat membandel yang sukar untuk di atasi? Jika iya, cobalah untuk memanfaatkan gula merah sebagai masker ataupun mengkonsumsinya secara teratur setiap hari. Beberapa nutrisi yang terkandung pada gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di wajah ataupun tubuh.
Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Masalah bulanan yang sering kali dialami oleh wanita adalah nyeri saat datang bulan. Untuk meredakan nyeri ini, Anda bisa memanfaatkan gula merah. Makan sedikit gula merah utuh lalu istirahatlah. Perlahan, nyeri karena menstruasi akan berkurang. Agar nyeri lebih cepat reda, Anda bisa membuat ramuan dari gula merah dan kunyit. Parut kunyit 2 rimpang, peras dan campur dengan satu gelas air. Masak air bersama 20 gram gula merah hingga mendidih. Tunggu pati kunyit mengendap lalu minum ramuan kunyit ini.
 
  • Mengatasi Masalah Pencernaan
Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat, cobalah ganti gula pasir pada minuman sehari-hari Anda dengan gula merah. Cara ini akan membantu Anda dapatkan sistem pencernaan yang sehat serta terawat.

Pada Masakan: 

Kegunaan gula jawa yang paling utama adalah sebagai pemanis masakan. Berbagai masakan yang menggunakan gula jawa umumnya adalah masakan yang awalnya tidak memiliki rasa manis sama sekali, seperti kacang hijau. Pada saat pembuatan kacang hijau, jika Anda tidak menggunakan gula jawa maka rasa yang ditimbulkan hanyalah rasa hambar yang berasal dari kacang tersebut. Berbeda dengan rasa yang akan ditimbulkan ketika Anda memasak sup. Walaupun tidak ditambah gula, sup akan berasa sedikit manis hasil dari rebusan sayur lainnya. Jadi gula jawa lebih digunakan untuk masakan yang sebelumnya memang tidak memiliki kandungan rasa manis. Gula jawa asli dipercaya memiliki kandungan vitamin yang lebih banyak dibandingkan gula biasa pada umumnya.

2. Kelapa


History

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota penting dari keluarga Arecaceae (keluarga kelapa sawit) ,palm. Ini adalah spesies diterima hanya dalam genus Cocos,  dan merupakan sawit besar, tumbuh hingga 30 m, dengan daun menyirip 4-6 m panjang, dan pinnae 60-90 cm; daun tua melepaskan diri bersih, meninggalkan bagasi halus. Istilah kelapa bisa merujuk ke seluruh kelapa sawit, benih, atau buah, yang bukan kacang botani. sebuah ejaan kelapa merupakan bentuk kuno dari kata tersebut.

Kelapa sawit ditanam di seluruh daerah tropis untuk dekorasi, serta untuk berbagai keperluan yang kuliner dan non-kuliner; hampir setiap bagian dari kelapa sawit dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam beberapa cara. Dalam iklim dingin (tetapi tidak kurang dari USDA Zone 9), sebuah kelapa yang sama, telapak ratu (Syagrus romanzoffiana), buah nya sangat mirip dengan kelapa, namun jauh lebih kecil. Telapak ratu awalnya diklasifikasikan dalam genus Cocos bersama dengan kelapa, namun kemudian dipindahkan di Syagrus. Sebuah sawit baru-baru ini ditemukan, alfredii Beccariophoenix dari Madagaskar, hampir identik dengan kelapa, dan lebih dari telapak ratu. Hal ini dingin-hardy, dan menghasilkan lookalike kelapa di daerah dingin. [4]

kelapa itu telah menyebar di banyak daerah di daerah tropis, mungkin dibantu dalam banyak kasus oleh pelayaran orang. buah kelapa di alam liar ringan, ringan dan sangat tahan air, dan berevolusi untuk membubarkan jarak yang signifikan melalui arus laut [5] Buah. dikumpulkan dari laut sampai utara Norwegia yang layak. [rujukan?] Di Kepulauan Hawaii, yang kelapa dianggap [oleh siapa?] sebagai pengantar Polinesia, pertama dibawa ke kepulauan oleh pelayar Polinesia awal dari kampung halaman mereka di Oseania. Mereka sekarang hampir di mana-mana antara 26 ° N dan 26 ° S kecuali untuk interior Afrika dan Amerika Selatan.

Bunga dari kelapa sawit polygamomonoecious, dengan baik laki-laki dan perempuan bunga di perbungaan yang sama. Pembungaan terjadi terus menerus. Kelapa telapak diyakini sebagian besar penyerbukan silang, meskipun ada beberapa varietas kerdil diri penyerbukan. Daging kelapa ini mempunyai istilah endosperma  , terletak pada permukaan dalam . Di dalam lapisan endosperma kelapa berisi cairan bening yang dapat dimakan yang manis, asin, atau keduanya.

Negara bagian India didaerah
Kerala dikenal sebagai Tanah kelapa. Nama berasal dari “” Kera (pohon kelapa) dan “Alam” tempat (“” atau “bumi”). Kerala memiliki pantai dibatasi oleh pohon kelapa, jaringan padat dari air, diapit oleh kebun kelapa hijau dan dibudidayakan ladang. Kelapa merupakan bagian dari makanan sehari-hari, minyak yang dihasilkan digunakan untuk memasak, sabut digunakan untuk furnishing, dekorasi, dll
Kelapa menerima nama dari penjelajah Portugis, para pelaut dari Vasco da Gama di India, yang pertama kali membawa mereka ke Eropa. Permukaan berbulu coklat dan kelapa mengingatkan mereka dari hantu atau penyihir yang disebut Coco. [6] Sebelum itu disebut indica nux, nama yang diberikan oleh Marco Polo pada 1280, sementara di Sumatera, diambil dari orang-orang Arab yang menyebutnya جوز هندي jawz Hindi . Kedua nama menerjemahkan untuk “kacang India.” Ketika kelapa tiba di Inggris, mereka mempertahankan nama coco dan kacang telah ditambahkan.

Nutrion

Kandungan Per 100 gramDaging Buah MudaDaging Buah MatangDaging Buah TuaAir Kelapa
Kalori (kal)36,04101,23202,4617
Air (g)44,1537,124,8695.5
Protein (g)0,532,121,800.2
Lemak (g)0,487,9518,390.1
Karbohidrat (g)7,425,37,423.8
Mineral (g)0,420,530,530.4
Kalsium (mg)3,714,2411,1315
Fosfor (mg)15,929,1551,948
Zat Besi (mg)0,530,691,060.2
Vit. C (mg)2,122,121,061


Function 

1. Air Kelapa untuk Masakan
Untuk melunakkan bahan masakan, air kelapa kerap digunakan sebagai pengganti air putih, selain itu rasanya akan berbeda, lebih gurih dan lezat. Penggunaannya misalnya untuk menanak nasi supaya lebih gurih dan wangi, memasak ayam pop, supaya daging lebih empuk, tempe bacem dan lain-lain.
5d007aeac77ac20674c47ee5e2b27084
2. Air Parutan kelapa sebagai santan
Bila kita menemukan masakan berkuah gurih yang berwarna cenderung memutih, berarti ada santan di situ. Santan sudah digunakan sejak lama sebagai campuran makanan, terutama untuk kuah soto. Soto Betawi, Opor  Ayam, Coto Makassar dan rendang Padang adalah beberapa contoh masakan bersantan. Kelezatan makanan dengan santan ini memang sudah diakui secara global di seluruh dunia. Tapi untuk anda yang punya kecenderungan berkolesterol tinggi lebih baik membatasi makan makanan jenis ini. Selain makanan berat, banyak penganan lain yang menggunakan santan, mulai dari bubur samapai kue basah.
 
3. Parutan kelapa sebagai serundeng
Pernah makan ayam goreng ditaburi serundeng?, rasanya mantap tenan!. Rasa ayam goreng yang gurih tiperkuat dengan serundeng yang lezat, semakin lengkaplah lidah kita dimanjakan. Serundeng adalah parutan kelapa yang digoreng kering, kadang dicampur bawang putih agar rasa dan wanginya khas.

4. Degan, minuman khas tropis
Tidak ada yang lebih baik daripada meminum air kelapa dari batoknya, tanpa campuran gula atau susu, rasanya begitu segar, mnghilangkan dahaga ketika kita berada di pantai yang panas misalnya. Beberapa penjual dan resto, memasukkan sirup, gula cair atau susu sebagai campuran, untuk yang lebih suka rasa manis. Sekarang kadang ditemui juga penjual kelapa bakar, yaitu dengan cara menaruh batok kelapa sebelum dibuka ke dalam bara api. Kita bisa menikmati air kelapa yang panas, ditambah susu akan terasa seperti minum bajigur, hangat dan menyehatkan. Bonus yang didapat kala menikmati degan adalah daging kelapa yang kenyal dengan cara mengerok dinding dagingnya.
 
5. Es Kelapa muda
Penyajian yang lebih modern dari degan, menikmati air kelapa dan buahnya dalam gelas atau mangkuk. Umumnya es kelapa dicampur gula, sirup dan susu dan tidak lupa ditambahkan batu es. Rasa es kelapa muda saat ini sangat beragam, mulai dari kelapa-jeruk, kelapa-sirsak, kelapa-markisa sampai kelapa-duren.
 
6. Santan untuk minuman
Es dawet atau cendol adalah salah satu contoh minuman yang menggunakan santan. Santan digunakan sebagai pemberi rasa gurih, yang ketika dikombinasikan dengan gula aren atau bahan lainnya ditambah es menjadi sangat unik, kaya rasa.
 
7. Parutan kelapa pelengkap kue
Banyak sekali makanan khas Indonesia yang menggunakan parutan kelapa sebagai bagian dari penganan. Ada yang menggunakannya sebagai isian, misalnya roti kopyor, ada juga yang digunakan sebagai taburan atau balutan, misalnya kelepon, kue putu, ketan dan lain-lain.  
8. Daging kelapa sebagai bahan kue
Ada beberapa jenis kue yang menggunakan daging kelapa sebagai bagian dari bahannya, salah satu contoh kue terkenal adalah Klaapertaart. Sensasi gigitan yang lembut akan dipadu dengan tekstur daging kelapa yang kenyal.
 

Characteristic
 Pohon dengan batang tunggal atau kadang-kadang  bercabang.Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumunmembentuk bonggol, adaptif pada lahar berpasir pantai.Batang beruas-ruas namun bila sudah tua tidak terlalutampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu.Kayunyakurang baik digunakan untuk bangunan. Daun tersusun secaramajemuk, menyirip sejajar tunggal, pelepah pada ibutangkai daun pendek, duduk pada batang, warna daunhijau kekuningan.Bungatersusun majemuk padarangkaian yang dilindungi oleh bractea; terdapat bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal.Buahbesar,diameter 10 cm sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun darimesokarpberupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bagianendokarpyang keras (disebut batok ) dan kedap air; endokarp melindungibijiyang hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp

3. Pandan Wangi

History

Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.
Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Akarnya besar dan memiliki akar tunggang yang menopang tumbuhan ini bila telah cukup besar. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.

Nutrion

Kandungan
Kandungan per 100 g
Calories
24
Total Fat
0 g
Saturated
0 g
Polyunsaturated
0 g
Monounsaturated
0 g
Trans
0 g
Cholesterol
0 mg
Sodium
0 mg
Potassium
0 mg
Total Carbs
6 g
Dietary Fiber
0 g
Sugars
0 g
Protein
35 g
Vitamin C
0,00%
Vitamin A
0,00%
Iron
0,00%
Calcium
0,00%
*Percent Daily Values are based on a 2000 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs.

 

Function

1. Bumbu

Daun tanaman pandan memiliki rasa manis, aroma ketika digunakan dalam memasak menghasilkan manis. Memasak daun pandan yang diikat menjadi simpul dan menempatkan dalam sup untuk memasak atau dipotong untuk digunakan dalam, puding, minuman dan makanan lainnya. Selain itu daun pandan sering digunakan bersama santan, serai, beras ketan dan gula. Ekstrak daun pandan yang tersedia di toko makanan khusus etnis di luar jangkauan daun aslinya. Ekstrak panda sering mengandung ekstra pewarna makanan hijau, sesuai dengan “Handbook of Spices, Seasonings, and Flavorings.”

2. Membungkus Makanan

Beberapa budaya banyak yang menggunakan daun pandan untuk aroma dengan membungkus beberapa makanannya. Misalnya di India, orang-orang melemparkan daun ke sumur terbuka untuk mengharumkan air. Koki di Asia Tenggara membungkus daun pandan pada daging babi, ayam, ikan dan beras ketan untuk melindungi dan mengharumkan mereka saat memanggang atau mengukus makanan.

3. Pengusir Serangga

Sopir taksi di Malaysia dan Singapura menggantung tandan daun pandan di taksi mereka untuk mencegah infestasi kecoa. Daun pandan mengandung beberapa bahan kimia pembasmi, termasuk 2-asetil-1-Pirolina (2AP). Ekstrak daun ini telah terbukti kurang efektif daripada senyawa yang diambil dari beberapa tanaman lain, termasuk manfaat serai dan manfaat cengkeh, tetapi mereka mengusir spesies kecoa di Amerika dan Jerman.

4. Peralatan Rumah Tangga

Saat daun pandan menjadi kering akan sangat sulit dantidak  fleksibel. Secara historis, daun pandan kering banyak digunakan sebagai rumah jerami. Daun pandan juga telah ditenun menjadi keranjang, tikar dan pakaian. Menurut “What Herb is That?”  perempuan di Kepulauan Pasifik menjalin daun pandan untuk menjadi rok “rumput”.

5. Obat-obatan dan Kosmetik

Daun pandan menghasilkan efek diuretik bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Daun pandan juga digunakan dalam mengobati beberapa kondisi kulit. Praktisi pengobatan tradisional menggunakan akar tanaman ini sebagai pengobatan anti diabetes. Aroma manis yang kuat membuatnya banyak diinginkan sebagai bahan dalam parfum atau kosmetik wangi lainnya.

6. Pengharum Ruangan

Apakah anda menyadari bahwa pandan dapat digunakan untuk pengharum ruangan, caranya cukup mudah, yaitu dengan mengiris tips daun pandan, dan letakkan di ruangan kamar anda.

Characteristic

Memiliki batang yang bulat dengan bekas duduk daun dan bercabang, memiliki daun yang berwarna hijau dengan panjangnya mencapai 55-75 cm dan lebarnya yang mencapai 4-5 cm, bunganya majemuk dan berbentuk bongol, warna putih, tinggi tanaman ini mencapai 3,7 - 4,3 m dan lebarnya mencapai kurang lebih 2,3 m - 9,0 m.

Sumber:



Komentar

Postingan Populer