Indonesian Buffet

1. Prawn and squid salad with lime and mint
Prawn and squid salad with lime and mint atau Dojang Nakeng yaitu makanan laut yang berasal dari flores di kota ruteng 140 km ke daratan , makanan ini disajikan dengan menggunakan mint.

 2.Rujak mie
Makanan ini berasal dari kota palembang provinsi sumatera utara . makanan ini adalah makanan khas yang bisa di dapatkan di pasar tradisional di kota palembang . masyarakat palembang rata-rata manyantap makanan ini di waktu sore masyarakat menyebutnya rujak mie yang komposisinya berupa mie telur basah ,irisan timun, irisan tahu, dan disiram dengan saus cuka . makanan ini adalah perpaduan dari dua etnis besar dikota palembang pada abad ke 3 masehi yaitu etnis melayu dan etnis tionghoa.

 3. Ikan cuka
Beragam menu kuliner diindonesia menandakan bahwa bangsa kita memiliki ragam dan corak budaya serta kekayaan yang tak ternilai harganya salah satu kuliner yang diterimaoleh mayoritas masyarakat indonesia dan bahkan dunia adalah maskan padang dan salah satunya adalah Ikan cuka merupakan sebuah paduan ikan sisiak sejenis ikan tuna kacil yang ada di kota palembang , digoreng bumbu lalu dipadu dengan bawang utuh, cabe utuh , dan bahanrempah lainnya kemudian ditambah dengan cuka asam sehingga menghasilkan hidangan na gurih.


4. Soto Padang


 Menurut dari Ahli Mestika Zed soto padang belum diketahui pasti  tentang sajarah dari makanan ini

5. Plecing sayur
 
Plecing Kangkung atau plecing sayur, masakan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang biasanya disajikan dengan Ayam Taliwang. Plecing Kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar plus sambal tomat. Sambal tomatnya dibuat dari rajikan cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng ataupun urap.


6. Hagape daging
Hagape daging berasal dari sulawesi selatan tepatnya dari tanah toraja yang berbahan dasar daging.


7. Ayam taliwang
Ayam Taliwang berasal dari masyarakat karang taliwang yang bermukiman di kecamatan cakranegara, kota mataram , provinsi nusa tenggara barat . kemunculan pertamanya pada masa perang kerajaan selapang dan kerajaan karangasem bali . saat masa perang para juru masak memasak ayam dengan menggunakan bumbu-bumbu yang di peroleh dari hutan sekitar , seiring berjalannya waktu masyarakat lain pun mengalami pembaruan dengan ayam diolah menjadi ayam pelalah, dan jadilah ayam pelalah ini menjadi cikal bakal ayam taliwang 


Komentar

Postingan Populer