Ingredients 2

1. Pasta


History
Pada abad ke-13 Seorang warga Negara Italia bernama Marcopolo sekembalinya dari china membawa oleh-olleh mi yang sangat digemari orang Italy. Seja
k itulah orang Italy mencoba membuat dan mengembangkan mi dan sekarang telah berkembang luas dengan nama Pasta.
Arab-Eropa : Bahwa pada abad ke-3 pertama kali ditemukan jenis pasta yang terbuat dari gandum dan disajikan bersama saus, ditemukan di jazeerah Arab yaitu di Palestina yang kemudian berkembang luas di Arab pada abad ke-9. Seorang dokter Jesu Bar Ali berkebangsaan Suriah mencatat kata *Ittrya yang merujuk pada *bihun. Ditemukan pula pada abad ke-13, di Arab dalam buku resep masakan arab, pasta dengan menggunakan daging kambing, kaldu, mentega, bumbu dan rempah. Sebelum makan mengucapkan Bismillah.
Peradaban bangsa Arab dengan melakukan perjalanan ke Negara lain turut serta berperan menyebarkan kuliner arab, hingga pasta masuk dan mulai dikenal di Negara Spanyol yang akhirnya sampai ke Italy. Pada abad ke-15 perkembangan pasta di Italy semakin luas dengan berbagai jenis/bentuk serta resep yang berbeda-beda antara daerah satu dengan lainnya.

Platine (Von Allen speisen und Gerichten, Strasbourg). Dari abad ke-17, pasta lebih berkembang lagi yaitu dengan tambahan telur. Pasta segar ini disebut Nudeln, orang Perancis menyebutnya Nouilles, Makaroni, Lasagna.
Abad ke-19 dari Italy mulai berkembang era industry dengan produksi pasta berbagai bentuk hingga menyebar ke seluruh dunia. Makaroni awalnya yaitu sekitar era 7a an dikenal sebagai makanan kelas buruh, namun seiring jaman kemudian beralih menjadi makanan kelas atas yang terkenal.
Sementara itu di China: pada abad yang sama (abad ke-3) pasta juga ditemukan di China tahun 1295 yang akhirnya berkembang luas di negeri China pada abad ke-10.
Bentuk pasta pada dasarnya berupa Pasta Segar yaitu pasta yang dibuat kemudian langsung dimasak lalu dikonsumsi dan Pasta Kering yang tahan lama disimpan hingga tiba waktu untuk dimasak. Pasta biasa dimasak dengan daging, ikan, dengan bumbu dan rempah antara lain tomat, mentega, garam, merica, keju.

Nutrition
Pasta adalah sumber yang kaya biji-bijian dan karbohidrat, yang merupakan bagian dari diet yang lengkap yang menyediakan vitamin penting, mineral dan fitonutrien (zat sehat yang ditemukan pada tumbuhan, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian) yang dibutuhkan tubuh manusia. Pedoman diet yang paling internasional merekomendasikan uang saku harian 65% dari asupan kalori harus berasal dari karbohidrat sebagai bagian dari diet seimbang. Selain menjadi sumber utama karbohidrat, pasta juga bermanfaat dalam bahwa itu umumnya dimakan dengan padat nutrisi mitra makanan, seperti serat-diisi sayuran dan kacang-kacangan, protein dikemas daging dan keju, minyak tak jenuh tunggal dan kaya antioksidan saus tomat . Hal ini membuat makanan pasta “sistem pengiriman” brilian untuk sebuah makanan yang sangat bergizi.
a. Karbohidrat dan Glukosa
Karbohidrat seperti pasta merupakan sumber yang kaya glukosa, yang penting untuk otak dan otot. Pasta juga merupakan sumber yang sangat baik karbohidrat kompleks, yang memberikan slow release energi, sehingga sempurna untuk orang-orang bergerak. Tidak seperti gula sederhana yang memberikan dorongan cepat tetapi sekilas, pasta bekerja untuk mempertahankan tingkat energi Anda.
Masukkan lebih ilmiah, pasta memiliki Glycemic Index rendah (GI), yang mengukur seberapa cepat karbohidrat memicu peningkatan gula darah yaitu semakin tinggi angka, semakin besar respon gula darah. Jadi sudah terbukti bahwa pasta tidak menyebabkan gula dalam darah naik dengan cepat.
b. Natrium dan Kolesterol
Sebuah keuntungan kesehatan yang besar pasta adalah bahwa itu bebas kolesterol dan sangat rendah sodium. Beberapa varietas juga menyediakan sumber yang sangat baik dari nutrisi penting, seperti zat besi dan banyak vitamin B.
c. Serat
Hanya satu cangkir pasta gandum utuh per hari dapat menyediakan tubuh Anda dengan sampai 25% dari persyaratan yang direkomendasikan Anda serat.
d. Asam Folat
Diperkaya pasta diperkaya dengan asam folat, yang sangat penting bagi perempuan selama kehamilan. Satu porsi pasta kering pasokan setara dengan sekitar 100 mikrogram asam folat, atau 25% dari asupan yang direkomendasikan harian Anda.
e. Rugi Berat
Sementara banyak orang yang ingin menurunkan berat badan melihat ke bawah pada pasta, fakta yang sebenarnya adalah bahwa hal itu kehilangan kalori, karbohidrat tidak, yang mengakibatkan penurunan berat badan. Studi menunjukkan ada pada kenyataannya tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pengurangan berat badan dalam jangka panjang antara diet rendah karbohidrat dan mereka yang dianggap tinggi karbohidrat saat diet memotong kembali pada jumlah kalori yang sama.

Function
Pasta mengandung serat gandum yang cukup tinggi untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan proses dalam usus. Selain itu, pasta mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama sehari-hari. Pasta juga mengandung protein nabati untuk membantu perkembangan otak dan syaraf.Dalam dunia kuliner, pasta tentu saja digunakan untuk bahan masakan utama. Sebut saja masakan Eropa yang sebagian besar menggunakan pasta sebagai bahan dasar misalnya lasagna, maccaroni schotel, spaghetti bolognaise, fettucini carbonara, dan sebagainya. Pasta juga sesekali menjadi tambahan dalam masakan misalnya tambahan pada sup atau tumisan. Biasanya yang digunakan adalah maccaroni. Pasta juga cukup pas diolah dengan saus tradisional karena pasta memiliki rasa yang cukup netral.
Characteristic
1. Pasta – Spaghetti (Spageti):

Spageti adalah pasta berbentuk seperti lidi panjang tanpa lubang. Biasanya Spageti disajikan dengan saus tomat dan daging cincang.

2. Pasta – Spaghettini:

Sama seperti Spageti, tapi Spaghettini berukuran lebih tipis dibandingkan Spageti bisasa

3. Pasta – Farfalle:

Pasta Farfalle adalah Pasta yang yang berbentuk seperti dasi kupu-kupu dengan tepi yang bergerigi. Pasta ini sering disajikan bersama hidangan salad atau sajian utama dengan saus creamy.

4. Pasta – Conchiglie (Koncigli):

Bentuk Conchiglie menyerupai kulit kerang. Pasta ini dapat disajikan bersama saus atau ditambahkan ke dalam sup maupun salah.

5. Pasta – Cannelloni:

Pasta Cannelloni berbentuk seperti pipa berlubang. Umumnya diameter Cannellonisekitar 3 centimeter, dan panjangnya sekitar 5 centimeter. Pasta ini cocok dimasak dengan daging dan keju pada hidangan panggang maupun rebus.

6. Pasta – Rigatoni:

Rigatoni merupakan jenis lain dari Cannelloni, tetapi dengan bentuk yang lebih pendek serta memiliki gurat-gurat vertikal di sisi luarnya.

7. Pasta – Penne:

Penne merupakan Pasta yang mirip juga dengan Cannelloni, akan tetapi ujungnya berbentuk serong dan berdiameter lebih kecil.

8. Pasta – Ditali:

Pasta ini berbentuk seperti pipa-pipa pendek, yah.. kalau diperhatikan.. sedikit banyak mirip Canneloni, tetapi bentuknya lebih gemuk.

9. Pasta – Lasagna:

Lasagna adalah pasta yang berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27centimeter dan lebar 5 centimeter. Lasagna dapat dijumpai dalam tiga warna, yaitu kuning untuk hidangan panggang, merah untuk hidangan dengan saus tomat, dan hijau yang cocok dipadukan dengan aneka sayuran.

10. Pasta – Vermicelli:

Pasta ini mirip dengan Spageti, hanya saja Vermicelli berukuran lebih kecil dan pendek. Pasta ini sering diolah bersama hidangan laut, laut, dan bisa juga dijadikan isi sup.

11. Pasta – Rotini:

Rotini adalah pasta yang berbentuk mirip spiral dan beralur. Pasta ini sering diolah dengan daging, saus keju, juga sayuran.

12. Pasta – Fusilli:

Semacam Rotini, tapi Pasta Fusilli lebih tipis dan juga lebih panjang. Pasta ini dapat diolah dengan saus krim dengan tomat dan kacang polong.

13. Pasta – Macaroni:

Nama Pasta Macaroni mungkin sudah tidak asing lagi bagi Agan-Agan sekalian. Macaroni adalah pasta yang berbentuk pipa melengkung dengan lubang di tengahnya. Macaroni sangat pas untuk hidangan yang dipanggang seperti Macaroni Schotel dan dapat juga digunakan sebagai isi untuk aneka sup.

14. Pasta – Fettuccine:

Pasta pipih lebar yang mirip dengan Kwetiau. Pasta ini dapat dijumpai dalam tigawarna, yakni hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Fettuccine cocok dijadikan sajian utama dengan daging, keju, sayuran, atau seafood.

15. Pasta – Tortellini:

Tortellini merupakan pasta yang diisi dengan daging dan keju. Kadang sering juga ditambah dengan tomat dan bayam. Pasta ini sangat cocok dinikmati dengan tomat dan saus krim.

16. Pasta – Ravioli:

Pasta yang satu ini adalah Pasta yang berbentuk mirip bantal kecil dan biasanya diisi daging, keju, atau sayuran.

2. Kunyit

History
SEJARAH SINGKAT Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan(perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuhsubur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyitberasal dari India.
Kata Curcuma berasal dari bahasa Arab Kurkum danYunani Karkom. Pada tahun 77-78 SM, Dioscorides menyebut tanaman inisebagai Cyperus menyerupai jahe, tetapi pahit, kelat, dan sedikit pedas,tetapi tidak beracun. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatankhususnya di India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia (Jawa), dan Filipina.

Nutrition
Banyaknya Kunyit yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Kunyit yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 78 %
Jumlah Kandungan Energi Kunyit = 63 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kunyit = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kunyit = 2,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kunyit = 9,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kunyit = 24 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kunyit = 78 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kunyit = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kunyit = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kunyit = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kunyit = 1 mg
Khasiat / Manfaat Kunyit : - (Belum Tersedia) 
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K 
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Function
  • Sebagai ramuan anti peradangan tubuh. Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kekuatan anti peradangan yang paling kuat.
  • Mengobati penyakit asam lambung.
  • Mengurangi gas pada pencernaan.
  • Meredakan sakit akibat irritable bowel syndrom.
  • Mengurangi mual.
  • Meredakan diare.

Characteristic

  • Kunyit adalah tanaman jenis herbal berupa semak dengan ketinggian pohon sampai 70 cm
  • Batang nya berbentuk tegak, berwarna hijau kekuningan ,serta termasuk batang semu
  • Daun kunyit termasuk daun tunggal, tulang  daun berbentuk menyirip,lanset memanjang,serta warna hijau pucat
  • Bunga nya termasuk bunga majemuk dengan warna bunga putih kekuningan ketika baru kucup berwarna sedikit hijau muda
  • Rimpang kunyit memiliki dua warna bagian dalam berwarna jingga,terang aggak kekuningan dan bagian dalam nya berwarna jingga ke cokelatan
3. Asam Jawa


History
Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Asam juga digunakan untuk campuran jamu tradisional yaitu jamu gendong.

Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica, termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.), asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain[1]. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham (Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.). Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.

Nutrition
Kalori 239
Nilai Harian (%)*
Jumlah Lemak 0.6 g
0%
Lemak Jenuh 0.3 g
1%
Lemak Tak Jenuh Ganda 0.1 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0.2 g
Kolesterol 0 mg
0%
Sodium 28 mg
1%
Kalium 628 mg
17%
Jumlah Karbohidrat 62 g
20%
Serat Pangan 5 g
20%
Gula 57 g
Protein 2.8 g
5%
Vitamin A
0%
Vitamin C
5%
Kalsium
7%
Besi
15%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
5%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
23%
* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda
Function
  • Kesehatan Pencernaan : Buah asem telah lama dianggap sebagai pencahar alami, dan kandungan serat mungkin yang ada hubungannya dengan itu. Makan asam, baik buah segar maupun sebagai bumbu dapat meningkatkan efisiensi sistem pencernaan. Asam juga merupakan zat yang akan merangsang aktivitas empedu, sehingga asam juga dapat membantu untuk melarutkan makanan lebih cepat. Serat juga akan merangsang asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan. Hal ini artinya, asam akan membuat proses makanan yang berjalan melalui saluran pencernaan akan lebih cepat, sehingga bisa menjadi obat pencahar yang kuat jika Anda menderita sembelit kronis. Menurut penelitian, asam juga menunjukkan efektifitasnya  terhadap diare kronis.
  • Sirkulasi darah: Asam merupakan sumber zat besi yang sangat baik , satu porsi asam bisa menyediakan lebih dari 10 % kebutuhan harian. Pasokan zat besi yang sehat dalam tubuh akan menjamin jumlah sel darah merah yang tepat dalam tubuh, yang artinya akan menjamin oksigenasi yang tepat otot dan organ tubuh yang membutuhkan oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Jadi asam akan mencegah anemia karena defisiensi zat besi, yang ditandai dengan kelemahan, kelelahan, sakit kepala, gangguan kognitif, dan masalah perut .
  • Fungsi Syaraf : Salah satu vitamin paling penting dari asam adalah B kompleks . Tiamin adalah salah satu bagian yang paling penting dari keluarga vitamin B kompleks , yang ditemukan dalam kadar yang tinggi pada buah asam . Tiamin bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saraf, pengembangan otot, yang dapat membantu Kita tetap aktif dan tetap kuat setiap hari. 
  • Berat Badan : Salah satu senyawa unik yang dapat diekstraksi dari asam, atau diperoleh dari pemanfaatannya sebagai bumbu adalah asam hidroksisitrat ( HCA ). HCA terkait dengan penurunan berat badan, karena telah terbukti dapat menghambat enzim dalam tubuh yang membantu menyimpan lemak. Selanjutnya, asam juga telah dikenal dapat menekan nafsu makan, dengan jalan meningkatkan neurotransmitter serotonin. Penelitian tentang asam masih berlangsung , dan telah menunjukkan tanda-tanda jika asam bisa digunakan sebagai suplemen penurunan berat badan yang menjanjikan.
  • Pengobatan Mengelola Diabetes : Seiring dengan kemampuan asam untuk menghentikan kenaikan berat badan, terutama untuk menghambat enzim alpha – amilase berhenti menyerap karbohidrat, dimana yang akan dikonversi menjadi gula sederhana atau lemak lebih mudah. Diet Karbohidrat tinggi dapat meningkatkan peluang glukosa dan kadar insulin tidak terkontrol , yang merupakan masalah terbesar bagi penderita diabetes. Asam dapat membantu  mengendalikan fluktuasi gula darah. 
  • Kapasitas Anti – inflamasi : Minyak esensial dari asam telah dikaitkan dengan beberapa kemampuan anti – inflamasi , seperti pengurangan nyeri sendi dan peradangan (arthritis , kondisi rematik , dan asam urat). Hal ini juga akan mengurangi iritasi pada mata (Salah satu bentuk yang paling umum adalah konjungtivitis , yang juga dikenal dengan mata merah muda) . Asam telah menunjukkan kemampuannya sebagai  anti – inflamasi, dan oleh karena itu juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi peradangan.
  • Sistem kekebalan tubuh : Tingginya kadar vitamin C , serta efek antioksidan lainnya dalam minyak esensial asam akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta bebas dari infeksi mikroba dan jamur. Asam juga akan mengurangi parasit dalam tubuh, karena efek antiseptik dan antimikroba . Hal inilah yang secara khusus dikaitkan dengan efek menghilangkan cacingan pada anak-anak.
Characteristic


  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliohyta
  • Klas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Upafamili : Caesalpiniodeae
  • Bangsa : Detarieae
  • Genus : Tamarindus
  • Spesies : T. indica
  • Nama Binomial : Tamarindus indica.

  • Sumber:

    Komentar

    Postingan Populer